17 Juni 2017

FAQ

FAQ (Frequently Asked Questions)

 

Daftar kumpulan pertanyaan dan jawaban yang sering di pertanyakan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

Pertanyaan

Apa itu FAQ ?

Jawaban

Frequently Asked Questions (FAQ) adalah daftar kumpulan pertanyaan dan jawaban yang sering di pertanyakan tentang berbagai hal.

 

Pertanyaan

Apa itu IKS?

Jawaban

IKS adalah Indeks Keluarga Sehat yang perhitungannya diambil dari rekapitulasi data dari 12 indikator yang diambil datanya dan hasilnya dibagi menjadi 3, yaitu : 1) Keluarga Sehat, bila IKS > 0,800; 2) Keluarga Pra Sehat, bila IKS = 0,500 0,800; 3) Keluarga Tidak Sehat, bila IKS < 0,500

 

Pertanyaan

Apa itu pendataan keluarga?

Jawaban

Pendataan keluarga dilakukan terhadap seluruh keluarga dalam wilayah kerja Puskesmas dengan menggunakan formulir pengumpulan data untuk Prokesga. Prokesga berisi data di tingkat keluarga dan data dari semua individu anggota keluarga tersebut (sebagaimana tercantum dalam Kartu Keluarga). Data yang dicatat minimal data dari 12 indikator tersebut di atas. Sesuai kondisi daerah, Prokesga dapat dikembangkan sehingga mencakup indikator-indikator lain yang dianggap penting di daerah tersebut. Dengan demikian, data yang dicatat bisa relatif lengkap sesuai kebutuhan daerah

 

Pertanyaan

Perbedaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Jawaban

 

Pertanyaan

Apa saja indikator untuk IKS?

Jawaban

  1. Keluarga mengikuti program KB
  2. Persalinan di Fasilitas Kesehatan
  3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi mendapat ASI eksklusif
  5. Pertumbuhan Balita dipantau
  6. Penderita TB paru berobat sesuai standar
  7. Penderita hipertensi berobat teratur
  8. Penderita gangguan jiwa tidak ditelantarkan dan diobati
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
  10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN
  11. Keluarga mempunyai saran air bersih
  12. Keluarga menggunakan jamban sehat

 

Pertanyaan

Apakah itu aplikasi Profil Kesehatan Keluarga (Prokesga)?

Jawaban

Aplikasi prokesga adalah aplikasi yang dibuat untuk melakukan pendataan keluarga di wilayah kerja suatu Puskesmas

 

Pertanyaan

Kenapa harus menggunakan PIS-PK? Tidak menggunakan Program lainnya?

Jawaban

Pertanyaan

Bagaimana Penggunaan dana BOK di Puskesmas, apakah boleh digunakan untuk transport

Jawaban

 

Pertanyaan

Regulasi-regulasi dalam mendukung PIS-PK

Jawaban

– PMK No. 39 ttg Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga
– PMK No. 43 ttg Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan
– PMK No. 44 ttg Pedoman Manajemen Puskesmas
– PMK_No._19_ttg_Pendanaan_Program_Indonesia_Sehat_Dengan_Pendekatan_Keluarga_
– KEPMENKES NOMOR 85 TAHUN 2017 TTG SK LOKUS PIS PK 2017

 

Pertanyaan

Peserta Pelatihan PIS-PK apakah hanya berasal dari PNS, bagaimana dengan Non PNS (Kader, Mahasiswa Poltekes, Tenaga Kontrak)

Jawaban

 

Pertanyaan

Road Map 2018 apakah sudah ditentukan?

Jawaban

 

Pertanyaan

Siapa saja yang boleh melakukan pendataan PIS-PK PNS, bagaimana dengan Non PNS (Kader, Mahasiswa Poltekes, Tenaga Kontrak)

Jawaban

 

Pertanyaan

Bagaimana integrasi antara KPLDH dengan PIS-PK?

Jawaban

Integrasi antara Program Ketuk Pintu Layani dengan Hati (KPLDH) Provinsi DKI dengan PIS-PK saat ini dalam proses sinkronisasi khususnya data-data dalam KPLDH akan dilakukan bridging ke dalam data IKS. Proses sinkornisasi difasilitasi oleh Badan Litbangkes dan Dinkes DKI Jakarta

 

Pertanyaan

Usulan untuk membentuk Pusat Informasi terkait PIS-PK

Jawaban

Saat ini Pusdatin dalam proses pengembangan  web PIS-PK, dan akan dilaunching setelah konten dan tampilan web di setuji oleh pimpinan. Pertemuan awal Pusdatin-HPU untuk mendiskusikan konten dan tampilan telah dilaksanakan pada hari Jumat 16 Juni 2016, pukul 13.30 di RR. HPU

 

Pertanyaan

Bagaimana bridging data dari aplikasi lain (KPLDH, Darbin) ke Aplikasi KS

Jawaban

 

Pertanyaan

Bagaimana Proses Pengusulan Pengajuan User Name dan Password Aplikasi KS oleh daerah?

Jawaban

Proses Penajuan user name dan pasword Aplikasi KS dapat dilakukan dengan 2 alternatif :

1. Kepala Puskesmas mangujakan surat resmi pengajuan user name dan password kepada Dinas Kesehatan Kabupaten dengan melampirkan form pengajuan aplikasi KS yang telah diberikan oleh Pusdatin ,
2. Apabila proses pengajuan di Dinkes Kab mengalami kendala, maka Kepala Puskesmas dapat mengajukan surat resmi permintaan password kepada Pusdatin Kemkes dengan melampirkan form pengajuan aplikasi KS yang telah diberikan oleh Pusdatin dan menembuskan surat tersebut kepada Dinkes Kabupaten setempat.